Pengertian, Fungsi Hardisk Eksternal dan Internal

Di kesempatan kali ini duadewa akan membagikan tentang  pengertian, fungsi hardisk dan cara untuk merawatnya. Mungkin bagi anda yang sudah lama berkutat di dunia komputer sudah mengerti dengan bentuk dan kegunaan hardisk, namun bagi yang awam mungkin masih asing bahkan dengan bentuknya saja masih belum tahu seperti apa, ok langsung saja simak penjelasan berikut.
Hardisk Pc
Hardisk Pc

Hardisk atau hardisk drive yang di singkat dengan HDD adalah sebuah komponen komputer (perangkat keras) yang dipergunakan atau berfungsi untuk penyimpanan data sekunder yang didalamnya berisi piringan magnetis. Untuk lebih jelas nya bisa lihat gambar di bawah ini..
Sebuah perangkat keras yang bentuknya tidak terlalu besar namun kegunaannya dapat menyimpan ribuan bahkan jutaan file didalamnya, hebatkan…hardisk tersebut diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, yang bernama Reynold Johnson pada tahun 1956, pada waktu dulu hardis ini terdiri dari 50 piringan berukuran 2kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200rpm(rotation per minutes) dan kapasitas penyimpanannya hanya 4.4MB, dan di saat ini perkembangan  hardisk semakin tipis dengan ruang penyimpanan yang lebih besar hanya berukuran selebar (0,6 Cm) dengan kapasitas yang sangat besar.

Perbedaan soket hardisk

Hasrdisk memiliki 2 macam socket yaitu Ide/Ata dan sata, perbedaan tersebut terlihat pada bentuk kabelnya yang Ata cenderung lebih besar dan sata lebih kecil, Socket ata merupakan keluaran produk yang lama atau bisa di bilang kuno dan yang sata merupakan varian masakini dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan socket ata, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut..
Macam hardis ata dan sata
Macam hardis ata dan sata


Macam hardisk
Ada 2 macam hardisk untuk saat ini yang saya ketahui yaitu hardisk internal dan hardisk external dimana hardis internal merupakan perangkat/hardisk yang tertanam disalam pc maupun laptop yang digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti system operasi dan data-data lainnya..
Hardisk external
Hardis external merupakan perangkat tambahan 6yang biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan dikala hardisk internalnya penuh, atau sebagai data backup sesuai keinginan.

Cara merawat Hardisk Agar Awaet
Hardisk merupakan tempat penyimpanan yang sangat vital jika mengalami kerusakan maka data-data yang tersimpan akan lenyap karna itulah sebelum hal tersebut terjadi alangkah baiknya jika kita merawatnya dengan baik agar umur hardisk juga bertahan lama, beberapa tips yang bisa anda lakukan yaitu..

Baca Juga: Pengertian Bios dan fungsinya, Terupdate!!!
  • Jangan terlalu sering menginstal ulang, Proses insatal ulang system operasi sangatlah berhubungan dengan keawetan sebuah hardisk, karena saat anda menginstal ulang hardis akan bekerja dengan sangat terasa, jadi jangan bermain-main dengan istal ulang jika hanya untuk mencicipi bermacam windows.
  • Gunakan stabilizer atau stavolt, Komputer yang sering mati mendadak karena putusnya arus listrik ataupun turunya tegangan itu sangat berpengaruh terhadap kerusakan hardisk, contoh jika hardisk sedang melakukan prosesnya seperti menulis dan membaca data dan tiba-tiba berhenti karena mati mendadak maka hal tersebut berpotensi merusak piringan yang ada dalam hardisk tersebut.
Demikianlah posting kali ini tentang Pengertian, Fungsi Hardisk Eksternal dan Internal semoga bermanfaat…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Fungsi Hardisk Eksternal dan Internal "

Posting Komentar