Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca Oleh Bios

Hardisk merupakan salah satu komponen computer yang sangat vital , yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file maupun sistem windows, jika terjadi kerusakan sedikit saja pada hardisk maka sistem operasi atau windows tidak akan berjalan dengan sempurna dan file-file yang berada didalamnya akan terancam akan kehilangan, karna itulah disini duadewa akan membagikan cara memperbaiki hardisk rusak atau tidak terdeteksi oleh sistem bios, namun sebulumnya mari kita kenal dulu penyebab kerusakan hardisk yang mungkin sering anda lakukan..
cara perbaiki hardisk rusak
cara perbaiki hardisk rusak

Penyebab kerusakan hardisk

  • Sering merestart atau mematikan computer dengan cara yang kurang benar, maksudnya anda merestart/mematikan tidak melalui sistem windows melainkan langsung mematikan power/ on-of nya, apalagi dalam keadaan computer masih bekerja, hal tersebut cukup pengaruh terhadap kerusakan hardisk anda..
  • Tegangan listrik tidak stabil, tegangan listrik yang naik turun juga berpengaruh dengan kinerja hardisk, hal tersebut bisa membuat sistem hardisk mengalami gangguan bahkan bisa rusak.
  • Membiarkan hardisk over, misalkan menjalankan aplikasi cukup banyak dan tidak sesuai dengan kemampuan computer kita, maka hal tersebut akan membuat hardisk menjadi hang dan lambat laun bisa mengakibatkan kerusakan.
Hal-hal sepele diatas mungkin sering kita lakukan tanpa menyadari akan akibat yang ditimbulkan,  nah sekarang anda sudah tau beberapa penyebab yang memicu kerusakan pada hardisk, lalu bagaimana jika hardisk kita rusak , ok cara memperbaiki hardisk rusak yang akan saya bagikan disini belum tentu megatasi masalah itu tergantung dari kerusakannya apakah masih bisa di atasi atau tidak, namun tidak ada salahnya anda untuk mencoba, karna trik ini juga ampuh dan tidak sedikit yang sudah membuktikannya…

Baca Juga :  

Cara memperbaiki hardisk yang rusak

  • Langkah awal yang perlu anda lakukan ialah cek kabel atau sambungan hardis, jika sudah terpasang dengan benar maka selanjutnya bisa cek di sistem bios, sudah bisa kan cara cek di bios? Biasanya pertama menytalakan tekan F2 atau Del tergantung dari biosnya masing-masing, jika drive atau hardis terdeteksi di bios maka kemungkinan perbaikan masih bisa dilakukan
  • Langkah berikutnya anda bisa coba format hardisk dengan low level format atau zeri file, perlu di perhatikan cara ini akan membuat data hilang, jadi jika anda memiliki data yang sangat penting maka di backup dulu lah, cara backup bisa menggunakan program HBCD , yang akan di bahas pada postingan berikutnya..
  • Jika menggunakan cara diatas belum berhasil anda bisa memotong sector hardisk yang rusak dengan cara membagi hardisk dan tidak menggunakan hardisk yang bad sector/rusak, banyak aplikasi yang bisa digunakan anda bisa cari dan download di goole, dan biasanya lengkap beserta panduannya.
Nah itu sedikit tips atsau cara yang bisa anda lakukan untuk menangani kerusakan hardisk, lalu gimana jika hardisk tidak terbaca oleh bios (basic input output system) ? ok jika hardis anda masalahnya karna tidak dapat terbaca oleh bios maka hal yang perlu anda lakukan yaitu:
  • langkah pertama anda bisa melihat pengaturan Bios tersebut, apakah hardisk di seting on atau off, solusinya rubah pengaturan atau kembalikan ke pengaturan awal, disini saya tidak sertakan dengan gambarnya karna menunya juga sangat musah ducari.
  • Cek kabel hardisk jika perlu ganti cabel tersebut dengan yang baru, karna hal tersebut sering terjadi karna kerusakan kabel hardisk.
  • Cek jumper hardisk, hal ini juga bisa mengakibatkan hardisk tidak terdeteksi jika pemasangan jumper salah.
Nah itulah sedikit cara memperbaiki hardisk rusak dan tidak terbaca oleh bios, semoga bermanfaat…sampai jumpa..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca Oleh Bios"

Posting Komentar